HANDAYANI, FITRIYAH and K. Anom W., K. Anom W. and Nawawi, Effendi (2006) KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSRI TAHUN AKADEMIK 2005-2006 MENURUT PENDAPAT GURU PAMONG DAN SISWA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84204_06013133011.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (38MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133011_0006045902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
|
Text
RAMA_84204_06013133011_0006045902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133011_0006045902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133011_0006045902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133011_0006045902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (623kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133011_0006045902_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133011_0006045902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2006 di SMA Negeri 3 Palembang, SMA Negeri 10 Palembang, SMA Xaverius 1 Palembang, dan SMA Negeri 1 Inderalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai keterampilan mengelola kelas mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsri tahun akademik 2005-2006. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsri tahun akademik 2005-2006 yaitu sebanyak 23 orang. Data dikumpulkan menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis dilihat dari enam aspek pengelolaan kelas yaitu pembinaan hubungan keakraban (rapport), penghentian tingkah laku siswa yang menyelewengkan perhatian kelas, penciptaan berbagai kemudahan dalam belajar, pemberian ganjaran (reward) bagi ketepatan waktu penyelesaian tugas siswa, penetapan norma kelompok yang produktif, dan pengaturan ruangan atau benda-benda dalam kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa menurut pendapat siswa, 56,52% dari jumlah mahasiswa PPL memiliki keterampilan mengelola kelas yang baik dan 43,48% mahasiswa memiliki keterampilan mengelola kelas dalam kategori cukup. Sedangkan menurut pendapat guru pamong, 65,22% mahasiswa memiliki keterampilan mengelola kelas yang sangat baik dan 34,78% mahasiswa memiliki keterampilan mengelola kelas yang baik. Perbedaan pendapat antara guru pamong dan siswa diduga karena pengetahuan dan pengalaman mengenai keterampilan mengelola kelas antara guru pamong dan siswa berbeda. Kata kunci: keterampilan mengelola kelas mahasiswa PPL, pendapat guru pamong dan siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan mengelola kelas mahasiswa PPL, pendapat guru pamong dan siswa |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:41 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:41 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/154361 |
Actions (login required)
View Item |