KORELASI ANTARA TIPE KEPEMIMPINAN GURU BIOLOGI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMA NEGERI KECAMATAN KAYUAGUNG OGAN KOMERING ILIR

LUSIANA, TRISIA and Warhan, A.Djunaidi and Zen, Djunaidah (2005) KORELASI ANTARA TIPE KEPEMIMPINAN GURU BIOLOGI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMA NEGERI KECAMATAN KAYUAGUNG OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06023132034.pdf] Text
RAMA_84205_06023132034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06023132034_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06023132034_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[thumbnail of RAMA_84205_06023132034_02.pdf] Text
RAMA_84205_06023132034_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06023132034_03.pdf] Text
RAMA_84205_06023132034_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06023132034_04.pdf] Text
RAMA_84205_06023132034_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06023132034_05.pdf] Text
RAMA_84205_06023132034_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06023132034_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06023132034_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06023132034_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84205_06023132034_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian korelasi antara tipe kepemimpinan guru biologi dengan disiplin belajar siswa SMA Negeri Kecamatan Kayuagung Ogan Komering Ilir. Dari hasil penelitian diperoleh, angka korelasi antara tipe kepemimpinan guru biologi dengan disiplin belajar siswa, untuk tiap sekolah. Secara umum untuk tipe otoriter diperoleh data korelasi 0,003 lebih kecil daripada korelasi tabel untuk taraf signifikan 95% dan 99%, berarti arah korelasi positif dan korelasi tidak signifikan. Untuk tipe demokratis diperoleh korelasi data 0,201 lebih besar dari korelasi tabel pada taraf signifikan 95% dan 99%, berarti arah korelasi positif dan ada signifikan antara data tipe kepemimpinan guru dan disiplin belajar siswa dalam belajar biologi, dan untuk tipe kepemimpinan laisses faire diperoleh korelasi data -0,073 lebih kecil dari korelasi tabel untuk taraf signifikan 95% dan 99%, berarti arah korelasi negatif dan tidak signifikan. Dapat disimpulkan bahwa, secara umum terdapat korelasi positif yang sangat signifikan antara tipe kepemimpinan demokratis dengan disiplin belajar siswa dalam belajar biologi. Dengan kata lain semakin tinggi tipe demokratis guru biologi maka cendrung diikuti oleh semakin tinggi disiplin belajar siswa dalam belajar, hal ini dapat dilihat pada guru yang mengajar di SMA Negeri 2 Kayuagung dan SMA Negeri 4 Kayuagung. Kata kunci : Tipe Kepemimpinan Guru Biologi, Disiplin Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepemimpinan Guru Biologi, Disiplin Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:29
Last Modified: 13 Aug 2024 06:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/155254

Actions (login required)

View Item View Item