PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI RELASI UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

KHUMAIROH, AISYAH and Hapizah, Hapizah and Hiltrimartin, Cecil (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI RELASI UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682125023.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125023_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125023_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682125023_0030057902_0011036403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan dan evaluasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi relasi yang terintegrasi dengan teknologi, serta menilai validitas, kepraktisan, dan dampaknya terhadap peningkatan kemampuan computational thinking pada peserta didik kelas VIII SMP. Terdapat 3 LKPD yang dikembangkan dan divalidasi melalui umpan balik dari pakar yang mengidentifikasi beberapa area perbaikan. Masalah yang ditemukan meliputi penggunaan konteks yang tidak sesuai dengan kebiasaan sehari-hari siswa Indonesia dan kemungkinan ketidaksesuaian langkah-langkah computational thinking yang bergantung pada situasi tertentu. LKPD perlu menyajikan langkah-langkah penyelesaian masalah secara terstruktur untuk memfasilitasi pemrosesan komputasi dengan efektif. Kepraktisan LKPD dievaluasi melalui uji coba perorangan dan kelompok kecil, yang memberikan umpan balik mengenai perbaikan kata atau kalimat yang salah, keterbacaan, dan memastikan bahwa pertanyaan tidak ambigu dan mudah dipahami. LKPD ditemukan menarik bagi peserta didik. Setelah penerapan LKPD dengan materi relasi, terlihat bahwa peserta didik memiliki kemampuan untuk menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah secara urut dan efisien serta mengidentifikasi elemen kunci, membagi permasalahan yang diberikan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, dan mampu untuk mengidentifikasi bagian-bagian penting dan relevan yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Namun, kemampuan siswa untuk sepenuhnya memecahkan masalah masih memerlukan pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD materi relasi yang terintegrasi dengan teknologi memiliki potensi manfaat dalam mendukung kemampuan computational thinking, meskipun penyempurnaan lebih lanjut diperlukan untuk mencapai efektivitas optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Computational Thinking, Validitas, Kepraktisan, Efek Potensial
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Aisyah Khumairoh
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:40
Last Modified: 24 Sep 2024 06:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/157925

Actions (login required)

View Item View Item