ZASKIA, FARACH AUDI and Safitri, Sani (2024) PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS INQUIRY LEARNING MENGGUNAKAN BOOK CREATOR MATERI PROSES MASUKNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN ISLAM DI INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MESUJI RAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_87201_06041382025051.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041382025051_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041382025051_0001086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_87201_06041382025051_0001086901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (364kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041382025051_0001086901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (296kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041382025051_0001086901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (977kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041382025051_0001086901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041382025051_0001086901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (86kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06041382025051_0001086901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Inquiry Learning Menggunakan Book Creator Materi Proses Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mesuji Raya” yang dilakukan dan ditetapkan dikelas X SMA Negeri 2 Mesuji Raya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran E-Modul menggunakan Book Creator yang valid dan memiliki dampak efektifitas pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Mesuji Raya. Kevalidan media pembelajaran E-Modul menggunakan Book Crator divalidasi oleh tiga ahli materi, ahli desain media, dan ahli Bahasa. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 5,07 dengan kategori sangat valid, kevalidan media mendapatkan nilai sebesar 4,76 dengan kategori sangat valid, dan yang terakhir kevalidan Bahasa mendapatkan nilai 3,38 dengan kategori cukup valid. Pengaruh media pembelajaran E-Modul menggunakan Book Creator terlihat pada peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan media pembelajaran pada tahap uji coba lapangan 50,4%. Hal ini menunjukan pengembangan media pembelajaran E-Modul menggunkan Book Creator materi Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia pada Pembelajaran Sejarah kelas X SMA Negeri 2 Mesuji Raya Valid dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, E-Modul, Book Creator, Kevalidan, Efektifitas |
Subjects: | L Education > LA History of education > LA5-2396 History of education T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Farach Audi Zaskia |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:52 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:52 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/159138 |
Actions (login required)
View Item |