MARIS, HAKIMA and Djahir, Yulia and Rusmin AR, Rusmin AR (2016) PENGARUH PENERAPAN PETA PIKIRAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87203_06111403005_0026085607_01.front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (283kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06111403005_0026085607_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (110kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06111403005_0026085607_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06111403005_0026085607_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06111403005_0026085607_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06111403005_0026085607_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (80kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan peta pikiran sebagai media pembelajaran terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan design one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling dari kesuluruhan populasi penelitian. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi peserta didik sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan terjadi perubahan yang diperoleh dari hasil perhitungan statistik dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,447 > 0,312. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan peta pikiran sebagai media pembelajaran. Hal ini secara signifikan menunjukkan bahwa peta pikiran berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi peserta didik. Dengan demikian, penerapan peta pikiran yang dijadikan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 9 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta pikiran, Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 07:09 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 07:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15945 |
Actions (login required)
View Item |