PRATAMA, MUHAMMAD ARIA and Idriansari, Antarini and Jaji, Jaji (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG STATUS GIZI PADA BALITA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_14201_04021382025079.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_14201_04021382025079_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_14201_04021382025079_0018048102_0214057601_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (760kB) |
|
Text
RAMA_14201_04021382025079_0018048102_0214057601_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (842kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_14201_04021382025079_0018048102_0214057601_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (663kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_14201_04021382025079_0018048102_0214057601_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (527kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_14201_04021382025079_0018048102_0214057601_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_14201_04021382025079_0018048102_0214057601_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (521kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_14201_04021382025079_0018048102_0214057601_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Status gizi yang optimal merupakan keseimbangan antara asupan nutrisi dengan kebutuhan tubuh. Ketidakseimbangan asupan gizi terutama pada balita dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi perkembangan anak di masa depan. Dampak jangka pendek dari masalah gizi pada balita meliputi gangguan pada perkembangan otak, penurunan tingkat kecerdasan, gangguan pertumbuhan fisik, serta masalah metabolisme tubuh. Selain dampak jangka pendek, masalah gizi pada balita juga memiliki dampak jangka panjang, seperti menurunnya sistem imun yang membuat anak rentan terhadap penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui booklet terhadap pengetahuan ibu mengenai status gizi balita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Populasi penelitian terdiri dari 1.378 ibu yang memiliki balita di Puskesmas Sukarami Kota Palembang dari 12 posyandu. Sebanyak 33 responden dipilih dengan teknik non- probability sampling melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner pengetahuan dan hasilnya dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai median pengetahuan responden meningkat dari 14 pada pretest menjadi 18 pada posttest dengan nilai p-value 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan signifikan. Edukasi melalui media booklet terbukti efektif meningkatkan pengetahuan ibu tentang status gizi balita, sehingga media ini dapat digunakan sebagai alat edukasi kesehatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Balita, Media Booklet, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Status Gizi |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing |
Divisions: | 04-Faculty of Medicine > 14201-Nursing (S1) |
Depositing User: | Muhammad Aria Pratama |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:08 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:08 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/159487 |
Actions (login required)
View Item |