PANJAITAN, SRIWIDYA HOTMARIA and Mujamil, Jejem and W, K. Anom. (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT KELAS XI MIA 1 DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84204_06111410014_0006045902_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84204_06111410014_0006045902_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111410014_0006045902_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (144kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111410014_0006045902_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (158kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111410014_0006045902_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (151kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111410014_0006045902_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (167kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan basil belajar kimia siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Sebelum tindakan (To) keaktifan siswa 21,03%, skor hasil belajar 69,38 dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 dan ketuntasan hasil belajar siswa 25%. Setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan kegiatan belajar siswa yaitu "kegiatan visual", "kegiatan lisan", dan "kegiatan menulis" terjadi peningkatan keaktifan dan basil belajar siswa. Siklus 1 (T1) keaktifan siswa sebesar 63,96% dan skor hasil belajar 76,58 dengan ketuntasan siswa sebesar 66,66%. Siklus II keaktifan belajar siswa mencapai 73,21 % dan skor hasil belajar 82,36 dengan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,11 %. Siklus III (T3) keaktifan belajar siswa sebesar 87,88% dan skor basil belajar 89,55 dengan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 94,44 %. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script, dapat di simpulkan T3>T2>T1>T0• Disaran kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Script agar keaktifan dan hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Script, Keaktifan, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 03:28 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 03:28 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/16042 |
Actions (login required)
View Item |