PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 INDRALAYA MELALUI MEDIA POWER POINT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

JAMILA, JAMILA and Laihat, Laihat and Iramawaty, Iramawaty (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 INDRALAYA MELALUI MEDIA POWER POINT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06111013027_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06111013027_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06111013027_02. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06111013027_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06111013027_03. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06111013027_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06111013027_04. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06111013027_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06111013027_05. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06111013027_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06111013027_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06111013027_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06111013027_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06111013027_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 05 Indralaya melalui media Power Point pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD Negeri 05 Indralaya yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian siklus I menunjukkan hasil ketuntasan belajar siswa 70,37%, hasil penelitian siklus II hasil ketuntasan belajar siswa adalah 81,48% dan hasil penelitian siklus III hasil ketuntasan belajar siswa adalah 88,46%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama dikategorikan cukup aktif dengan rata-rata klasikal 57,64, siklus I pertemuan kedua dikategorikan aktif dengan rata-rata klasikal 61,57, pada siklus II pertemuan pertama dikategorikan aktif dengan rata-rata klasikal 65,85 dan siklus II pertemuan kedua dikategorikan aktif dengan rata-rata klasikal 69,68, kemudian siklus III pertemuan pertama dikategorikan aktif dengan rata-rata klasikal 72,36 dan pada siklus III pertemuan kedua dikategorikan aktif dengan rata-rata klasikal 74,52. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 05 Indralaya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, media Power Point.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 13 Nov 2019 05:04
Last Modified: 13 Nov 2019 05:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/16110

Actions (login required)

View Item View Item