PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MODUL MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SEMENDAWAI BARAT

JULIATI, MILA and Solihah, Hani Atus (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MODUL MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SEMENDAWAI BARAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040_cover.jpg]
Preview
Image
RAMA_88201_06021381924040_cover.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (875kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924040_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040_0203018901_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924040_0203018901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (519kB)
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040_0203018901_02.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924040_0203018901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040_0203018901_03.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924040_0203018901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040_0203018901_04.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924040_0203018901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040_0203018901_05.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924040_0203018901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040_0203018901_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924040_0203018901_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924040_0203018901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924040_0203018901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (857kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Semendawai Barat, LKPD yang digunakan selama ini belum dirancang untuk mendorong peserta didik menemukan dan menerapkan ide-ide mereka sendiri. Menanggapi masalah ini, peneliti mengambil inisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan LKPD berbasis discovery learning pada materi membaca pemahaman di SMP, (2) menganalisis kelayakan LKPD tersebut, dan (3) mendeskripsikan uji coba peserta didik terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadopsi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan modifikasi, yaitu tanpa tahap implementasi dan evaluasi. Langkah-langkah penelitian meliputi identifikasi dan analisis masalah, perancangan, pengembangan, dan validasi produk. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli substansi materi, lembar validasi ahli bahasa, angket respons peserta didik dan angket respons guru dengan skala empat kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan telah berhasil mendorong rasa ingin tahu peserta didik dengan menggunakan contoh dan kasus dari kehidupan sehari-hari, (2) kelayakan pengembangan LKPD dinilai oleh ahli media masuk dalam kategori layak (0,7) dan oleh ahli substansi materi juga dinilai sangat layak (1,19), dan (3) respons peserta didik terhadap LKPD berada dalam kategori menarik (0,63), dan hasil angket respon guru sangat bagus dan membantu siswa dalam belajar bahasa Indonesia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Discovery Learning, membaca pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General) > L101 Yearbooks
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mila Juliati
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:01
Last Modified: 20 Jan 2025 07:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/165507

Actions (login required)

View Item View Item