ULVIANA, BELLINDA and Mulyono, Budi (2024) KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MATERI PERBANDINGAN SENILAI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() |
Text
RAMA_84202_06081382126053.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081382126053_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (760kB) |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (356kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (317kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (208kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan computational thinking penting dimiliki peserta didik pada abad ke- 21 agar dapat menyeimbangkan pendidikan dengan kemajuan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan computational thinking peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan soal numerasi materi perbandingan senilai. Penelitian ini dilakukan di SMP Srijaya Negara Palembang dengan subjek peserta didik kelas VII.A sebanyak 32 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif - kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara terhadap lembar jawaban peserta didik yang memuat 4 indikator computational thinking, di antaranya dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritma. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking peserta didik kelas VII.A SMP Srijaya Negara Palembang sebagian besar berada dalam kategori sedang dengan rata rata 48,43. Rincian pada masing-masing kategori di antaranya adalah peserta didik tinggi mampu memunculkan semua indikator, peserta didik sedang mampu memunculkan 2-3 indikator, dan peserta didik rendah hanya mampu memunculkan satu indikator saja. Adapun urutan indikator yang muncul dalam jawaban peserta didik dari yang terbanyak adalah dekomposisi dengan rata rata sebesar 59,37, Abstraksi dengan rata rata 54,51, pengenalan pola dengan rata rata 49,3 dan yang terakhir algoritma dengan rata rata 33,33. Dapat disimpulkan bahwa keseluruhan indikator berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan computational thinking, soal numerasi, perbandingan senilai. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Bellinda Ulviana |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:18 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:18 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |