KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MATERI PERBANDINGAN SENILAI

ULVIANA, BELLINDA and Mulyono, Budi (2024) KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MATERI PERBANDINGAN SENILAI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081382126053.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126053_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126053_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126053_0025057802_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (760kB)
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126053_0025057802_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126053_0025057802_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126053_0025057802_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126053_0025057802_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126053_0025057802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126053_0025057802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126053_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan computational thinking penting dimiliki peserta didik pada abad ke- 21 agar dapat menyeimbangkan pendidikan dengan kemajuan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan computational thinking peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan soal numerasi materi perbandingan senilai. Penelitian ini dilakukan di SMP Srijaya Negara Palembang dengan subjek peserta didik kelas VII.A sebanyak 32 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif - kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara terhadap lembar jawaban peserta didik yang memuat 4 indikator computational thinking, di antaranya dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritma. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking peserta didik kelas VII.A SMP Srijaya Negara Palembang sebagian besar berada dalam kategori sedang dengan rata rata 48,43. Rincian pada masing-masing kategori di antaranya adalah peserta didik tinggi mampu memunculkan semua indikator, peserta didik sedang mampu memunculkan 2-3 indikator, dan peserta didik rendah hanya mampu memunculkan satu indikator saja. Adapun urutan indikator yang muncul dalam jawaban peserta didik dari yang terbanyak adalah dekomposisi dengan rata rata sebesar 59,37, Abstraksi dengan rata rata 54,51, pengenalan pola dengan rata rata 49,3 dan yang terakhir algoritma dengan rata rata 33,33. Dapat disimpulkan bahwa keseluruhan indikator berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan computational thinking, soal numerasi, perbandingan senilai.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Bellinda Ulviana
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:18
Last Modified: 21 Jan 2025 07:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166188

Actions (login required)

View Item View Item