PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEM-AI MATERI GERAK PARABOLA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

LESTARI, YORA INDA and Siahaan, Sardianto Markos and Ismet, Ismet (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEM-AI MATERI GERAK PARABOLA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84103_06052682327006.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327006_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327006_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_02.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_03.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_04.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_05.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_06_ref.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327006_0028066702_0006076803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa di era pembelajaran abad ke-21. Namun kenyataannya, pembelajaran fisika di sekolah masih menghadapi kendala dalam melatih keterampilan ini. Karena itu, diperlukan media pembelajaran untuk mengatasi masalah ini. Misalnya, media pembelajaran berbasis STEM-AI terutama pada materi gerak parabola yang kompleks dan abstrak. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis STEM-AI yang memenuhi kriteria kelayakan, diterima dengan baik, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan Allesi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahap: perencanaan, desain, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 22 Palembang dengan melibatkan 30 siswa kelas XI.1 sebagai responden. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket, dan tes. Validasi video pembelajaran berbasis STEM-AI dilakukan melalui uji alpa yang melibatkan lima validator ahli. Hasil uji alpa menunjukkan bahwa video pembelajaran tersebut layak digunakan dengan persentase penerimaan mencapai 100%. Uji beta juga menunjukkan bahwa video tersebut diterima 100% oleh siswa. Efektivitas video pembelajaran ini diukur dengan skor N-gain sebesar 0,57, yang termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan sumber belajar yang inovatif dan berfokus pada peningkatan keterampilan berpikir kritis, khususnya dalam pembelajaran gerak parabola di tingkat SMA. Kata Kunci: gerak parabola, keterampilan berpikir kritis, STEM-AI, video

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Guru, Pemodelan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
L Education > LC Special aspects of education > LC1035-1035.8 Basic education. Basic skills education
Q Science > QC Physics > QC120-168.85 Descriptive and experimental mechanics
Q Science > QC Physics > QC81-114 Weights and measures
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84103-Physics Education (S2)
Depositing User: Yora Inda Lestari
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:51
Last Modified: 21 Jan 2025 07:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166190

Actions (login required)

View Item View Item