AMELIA, LISA and Hapizah, Hapizah and Mulyono, Budi (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KONTEKS TABOT BENGKULU UNTUK MENGUKUR COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK. Masters thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84102_06022682327020_Cover.jpg - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (256kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682327020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682327020_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682327020_0030057902_0025057802_01_Front_Ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_84102_06022682327020_0030057902_0025057802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682327020_0030057902_0025057802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682327020_0030057902_0025057802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682327020_0030057902_0025057802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (115kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682327020_0030057902_0025057802_06_Ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (162kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682327020_0030057902_0025057802_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu aspek penting dalam pendidikan pada abad 21 adalah pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik, dengan tujuan untuk melatih keterampilan yang harus mereka miliki salah satunya Computational Thinking (CT). CT merupakan kemampuan yang penting dimiliki karena dapat membantu peserta didik untuk menganalisis dan memecahkan masalah dengan cara ynag sistematis, logis, dan kreatif, baik dalam dunia komputasi maupun dunia nyata. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode pengembangan dengan model Plomp yang bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen evaluasi matematika berbasis android pada materi bangun ruang sisi datar konteks tabot bengkulu yang valid dan praktis dan dapat mengukur CT peserta didik. Data penelitian dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan tabel kriteria validitas, kepraktisan, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil dari tahap expert review dan one-to-one, diperoleh kesimpulan dengan melihat komentar dan saran dari validator dengan persentase kevalidan dihasilkan sudah valid dengan rata-rata persentase sebesar 88,3% dan media berbasis android dalam kategori valid diperoleh kevalidan dengan rata-rata persentase sebesar 92,5%. Kepraktisan yang diperoleh dengan rata-rata persentase sebesar 94,1% dengan kategori sangat praktis. Validitas soal dikategori valid pada soal pilihan ganda, menjodohkan, benar/salah, soal uraian dan pilihan ganda kompleks dikategori valid sebesar 2,02. Reliabilitas dinyatakan reliabel dengan soal pilihan ganda, menjodohkan, dan benar/salah sebesar 0,18 dan soal uraian dan pilihan ganda kompleks sebesar 0,86. Tingkat kesukaran kategori sedang dan mudah pada soal evaluasi matematika berbasis android. Sedangkan, daya pembeda dikategorikan 4 butr soal baik, 11 butir soal cukup, dan 1 butir soal jelek pada instrumen evaluasi matematika berbasis android.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Computational Thinking; Bangun Ruang Sisi Datar; Instrumen Evaluasi, Android; Tabot Bengkulu |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2) |
Depositing User: | Lisa Amelia |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 07:48 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:48 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166268 |
Actions (login required)
View Item |