Pelatihan Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Tingkat Tinggi Bagi MGMP IPA Kabupaten Ogan Ilir

Yusup, Muhamad and Pasaribu, Abidin and Syuhendri, Syuhendri and THAMRIN, ANISHA SHERANY and ANGGRAINI, RISKA (2022) Pelatihan Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Tingkat Tinggi Bagi MGMP IPA Kabupaten Ogan Ilir. Unram Journal of Community Service, 3 (2). pp. 64-67. ISSN P-ISSN : 27746526 E-ISSN : 27746518

[thumbnail of adminjurnalp,+195-Article+Text-581-1-4-20220617.pdf] Text
adminjurnalp,+195-Article+Text-581-1-4-20220617.pdf - Published Version

Download (576kB)

Abstract

Asesmen bukan hanya memerlukan pengetahuan namun juga keterampilan. Sementara, belum semua guru IPA di Ogan Ilir memahami dan memperoleh pelatihan tentang bagaimana asesmen yang dikehendaki dalam kurikulum, khususnya asesmen untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan kegiatanpengabdian pada masyarakat ini adalah agar peserta mampu mengembangkan instrumen asesmen berpikir tingkat tinggi untuk pembelajaran IPA di SMP. Kegiatan dikemas dalam bentuk pelatihan yang diikuti oleh 22 orang dari MGMP IPA Kabupaten Ogan Ilir. Pelatihan dilaksanakan dengan pola in-service training (in) - on the job training (on) - in-service training (in). Pada Kegiatan in-service training 1 peserta mempelajari dan mendiskusikan materi yang disajikan narasumber. Pada saat on the job training peserta melakukan aktivitas pembelajaran secara mandiri untuk mengembangkan instrumen penilaian sesuai tugas yang diberikan pada kegiatan in-service training 1. Pada Kegiatan in-service training 2, peserta melaporkan dan mendiskusikan hasil kegiatan yang dilakukan selama on the job trainingyang difasilitasi oleh narasumber. Hasil pelatihan menunjukkan peserta mampu mengembangkan instrumen asesmen. Sejumlah kendala dihadapi dalam pelatihan ini. Pada aspek proses, kendala utama yang dihadapi adalah interaksi yang terbatas karena penerapan protokol Kesehatan akibat pandemic Covid-19. Pada aspek implementasi hasil pelatihan, kendala utama adalah kurangnya pemahaman bersama pentingnya melatih peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Muhamad Yusup
Date Deposited: 20 Feb 2025 12:02
Last Modified: 20 Feb 2025 12:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167182

Actions (login required)

View Item View Item