PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII

IRAWAN, YUSRI and Hapizah, Hapizah (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030_cover.jpg]
Preview
Image
RAMA_84202_06081282126030_cover.jpg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126030_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030_0030057902_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (836kB)
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030_0030057902_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030_0030057902_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030_0030057902_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030_0030057902_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030_0030057902_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126030_0030057902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat respons dan hasil belajar peserta didiik pada penerapan pembelajaran berbasis computational thinking pada materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) berdasarkan 4 indikator computational thinking yaitu decomposition, pattern recognition, abstraction, dan algorithm. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Indralaya Selatan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa; 1) penerapan pembelajaran berbasis computational thinking pada materi PLSV dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 68,52%, dimana tahap decomposition 82,81% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu menyederhanakan masalah, tahap pattern recognition, 85,94% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu mengenali pola, 84,38% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu menyaring informasi, dan tahap algorithm 43,75% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu dalam mengembangkan langkah. 2) peserta didik dengan kategori tinggi dengan nilai di atas 35,49 sebanyak 4 peserta didik dengan persentase sebesar 15%, Peserta didik dengan kategori sedang dengan nilai diantara 8,48 dan 35,49 sebanyak 21 peserta didik dengan persentase 78%, dan peserta didik dengan kategori rendah dengan nilai di bawah 8,48 terdapat sebanayak 2 peserta didik dengan persentase 7%, dengan persentase rata-rata pada tiap indikator didapatkan kemampuan computational thinking peserta didik pada indikator decomposition yaitu 13,27%, pattern recognition 46,60%, abstraction 21,30%, dan algorithm 7,41% yang dimana indikator algorithm menjadi indikator dengan persentase terendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Computational Thinking, persamaan linier satu variabel
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Yusri Irawan
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:06
Last Modified: 24 Mar 2025 06:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/169886

Actions (login required)

View Item View Item