IRAWAN, YUSRI and Hapizah, Hapizah (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() ![]() Preview |
Image
RAMA_84202_06081282126030_cover.jpg - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (96kB) | Preview |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081282126030.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (30MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081282126030_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (836kB) |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (154kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (163kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84202_06081282126030_0030057902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (26MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat respons dan hasil belajar peserta didiik pada penerapan pembelajaran berbasis computational thinking pada materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) berdasarkan 4 indikator computational thinking yaitu decomposition, pattern recognition, abstraction, dan algorithm. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Indralaya Selatan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa; 1) penerapan pembelajaran berbasis computational thinking pada materi PLSV dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 68,52%, dimana tahap decomposition 82,81% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu menyederhanakan masalah, tahap pattern recognition, 85,94% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu mengenali pola, 84,38% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu menyaring informasi, dan tahap algorithm 43,75% peserta didik berada dalam rentang cukup mampu hingga mampu dalam mengembangkan langkah. 2) peserta didik dengan kategori tinggi dengan nilai di atas 35,49 sebanyak 4 peserta didik dengan persentase sebesar 15%, Peserta didik dengan kategori sedang dengan nilai diantara 8,48 dan 35,49 sebanyak 21 peserta didik dengan persentase 78%, dan peserta didik dengan kategori rendah dengan nilai di bawah 8,48 terdapat sebanayak 2 peserta didik dengan persentase 7%, dengan persentase rata-rata pada tiap indikator didapatkan kemampuan computational thinking peserta didik pada indikator decomposition yaitu 13,27%, pattern recognition 46,60%, abstraction 21,30%, dan algorithm 7,41% yang dimana indikator algorithm menjadi indikator dengan persentase terendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Computational Thinking, persamaan linier satu variabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Yusri Irawan |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:06 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:06 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/169886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |