ANUGRAH, AGNES and Lionardo, Andries and Rahmawati, Annisa (2025) STRATEGI BRANDING DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS RADIO SUMSEL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() ![]() Preview |
Image
RAMA_70201_07031182126001_cover.jpg - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (128kB) | Preview |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001_0001057901_0029099204_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001_0001057901_0029099204_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (312kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001_0001057901_0029099204_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001_0001057901_0029099204_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (341kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001_0001057901_0029099204_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (662kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001_0001057901_0029099204_06.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001_0001057901_0029099204_07_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031182126001_0001057901_0029099204_08_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (539kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas strategi branding yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan dalam membangun brand awareness Radio Sumsel. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan melalui Radio Sumsel memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi kebijakan, memberikan edukasi dan hiburan kepada masyarakat. Untuk itu, penting membangun brand awareness bagi Radio Sumsel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teori Brand Expression oleh Sicco Van Gelder, yang mencakup tiga aspek yaitu brand positioning, brand identity, dan brand personality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam brand positioning, Radio Sumsel menargetkan audiens Gen Z di Sumatera Selatan. Diskominfo memperkuat brand positioning melalui kerja sama dengan instansi, organisasi, dan influencer untuk memperluas audiens, serta menghadirkan program unggulan Radio Sumsel yaitu Program Sekitoan dan Talk show Radio Sumsel. Dalam brand identity, Radio Sumsel memiliki elemen visual seperti logo, warna, dan slogan yang mencerminkan identitasnya sebagai media komunikasi resmi pemerintah. Pemanfaatan media sosial, terutama Instagram, menjadi strategi utama untuk meningkatkan citra. Dalam brand personality, Radio Sumsel berupaya membangun citra sebagai media yang informatif, edukatif, dan menghibur. Diskominfo membangun kedekatan emosional dengan pendengar melalui program siaran interaktif, seperti talk show, live broadcast, dan giveaway. Strategi komunikasi digital juga dilakukan dengan memanfaatkan fitur reels, stories, dan live di Instagram. Secara keseluruhan, strategi branding yang diterapkan sudah berjalan, namun masih perlu inovasi dalam konten digital, peningkatan keterlibatan audiens, dan pemanfaatan fitur media sosial agar Radio Sumsel lebih dikenal. Kata kunci: Branding, Brand Awareness, Radio Sumsel, Diskominfo Provinsi Sumatera Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Branding, Brand Awareness, Radio Sumsel, Diskominfo Provinsi Sumatera Selatan. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1) |
Depositing User: | Agnes Anugrah |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:14 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/170121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |