Hasanah, Hasanah and Susanto, Edi and Arbani, Arbani and Jaenudin, Riswan and Chotimah, Umi and Indraputri, Ratu Ilma (2024) Analisis Upaya Peningkatan Literasi Numerasi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Penidikan, 6 (4). pp. 4057-4065. ISSN 2656-8063
![]() |
Text
Analisis Upaya Peningkatan Literasi Numerasi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.pdf Download (257kB) |
Abstract
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023 di SDN Sungai Sialang, SDN 4 Kayuara, dan SDN Talang Duku menunjukkan adanya capaian kemampuan literasi dan masih ada yang perlu ditingkatkan dalam kemampuan numerasi siswa. Untuk meningkatkan literasi numerasi siswa, penelitian ini akan mengkaji program pembelajaran di tiga sekolah pada tahap pembuatan, penerapan, dan evaluasinya. Prosedur analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model Huberman dan Milles yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan menulis siswa cukup baik di tiga sekolah subjek, namun kemampuan berhitungnya masih memerlukan perhatian lebih. Program pembelajaran yang dirancang pada tahap 1) perencanaan pembelajaran yang baik seperti penyusunan RPP, materi pembelajaran, soal HOTS dan media belajar yang tepat memberikan dukungan positif terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa. Tahap 2) Implementasi menggunakan metode pemecahan masalah dengan menggunakan soal HOTS akan melatih siswa dalam berfikir kritis. Tahap 3) Monitoring membantu memastikan proses pembelajaran yang berlangsung agar sesuai dengan rencana yang telah disusun untuk membantu keberhasilan belajar peserta didik. Dari hasil penelitian ini, maka penting untuk meningkatkan literasi numerasi di satuan pendidikan melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang matang, peningkatan manajemen guru dan penerapan strategi pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANBK, literasi numerasi, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian. |
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 16 May 2025 08:22 |
Last Modified: | 16 May 2025 08:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/170863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |