ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIGITAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SUSTAINABILITY SISWA DENGAN KONTEKS KARAKTERISTIK LAHAN BASAH MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMA (Similarity)

Agustina, Ina and Akhsan, Hamdi (2025) ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIGITAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SUSTAINABILITY SISWA DENGAN KONTEKS KARAKTERISTIK LAHAN BASAH MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMA (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of ANALIS~1.PDF.pdf] Text
ANALIS~1.PDF.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap pengembangan instrumen asesmen digital untuk mengukur kemampuan literasi sustainability siswa dengan konteks karakteristik lahan basah materi pemanasan global di SMA. Data dalam artikel ini dikumpulkan dengan menyebarkan angket dengan bantuan Tally form yang diisi oleh 27 guru Fisika SMA, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 61% siswa memiliki pemahaman yang baik dan 12% sangat baik, dan masih terdapat 27% siswa dengan pemahaman cukup yang memerlukan pendalaman materi. Sebanyak 68% guru yakin atau cukup yakin terhadap kemampuan literasi siswa, sedangkan 28% kurang yakin atau tidak yakin

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hamdi Akhsan
Date Deposited: 17 May 2025 00:38
Last Modified: 17 May 2025 00:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/171499

Actions (login required)

View Item View Item