VHALERY, RENDIKA and Jaenudin, Riswan and Fatimah, Siti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_87203_06121003023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_87203_06121003023_0020126401_0020066902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (522kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06121003023_0020126401_0020066902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (297kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003023_0020126401_0020066902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (433kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003023_0020126401_0020066902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (709kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003023_0020126401_0020066902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (125kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003023_0020126401_0020066902_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (232kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003023_0020126401_0020066902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran Scramble terhadap aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, menggunakan completely randomized design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII yang berjumlah 354 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIII.10 (eksperimen-1) dan VIII.9 (eksperimen-2) masing-masing kelas terdiri 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu menggunakan uji-t. Hasil analisis data observasi peneliti dapat diinterpretasikan aktivitas pembelajaran sangat aktif. Artinya terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran Scramble terhadap aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 19 Palembang. Adapun kendala yang peneliti temukan pada penelitian model pembelajaran Team Assisted Individualization yaitu membutuhkan waktu tambahan. Sedangkan model pembelajaran Scramble yaitu membutuhkan waktu tambahan untuk menjawab soal. Penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization sebaiknya guru harus bisa mengatur waktu, sedangkan pada model pembelajaran Scramble sebaiknya guru memberi batasan waktu 5 menit untuk menjawab soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Model Pembelajaran Scramble, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Irwan |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 07:59 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 07:59 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17365 |
Actions (login required)
View Item |