JANNAH, NURUL 'ILMI MIFTAHUL and Helmi, Henny (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, Sriwijaya university.
![]() |
Image
RAMA_86205_06151282126052_cover.jpg - Cover Image Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (400kB) |
![]() |
Text
RAMA_86205_06151282126052.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86205_06151282126052_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86205_06151282126052_0005048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
RAMA_86205_06151282126052_0005048206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86205_06151282126052_0005048206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86205_06151282126052_0005048206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86205_06151282126052_0005048206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86205_06151282126052_0005048206_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (222kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86205_06151282126052_0005048206_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku bergambar yang valid dan praktis untuk menstimulasi kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di kelompok bermain Hubullah, kelurahan Timbangan, Indralaya. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, wawancara dan observasi. Hasil validasi produk media buku bergambar menunjukkan media termasuk kategori sangat valid, dengan persentase validasi media sebesar 85%, validasi materi sebesar 90%, dan validasi bahasa sebesar 90%. Selain itu, persentase hasil uji coba one to one sebesar 98% dan uji coba small group trial sebesar 98% sehingga termasuk kategori sangat praktis. Dengan demikian, media buku bergambar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan praktis sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini untuk menstimulasi kemampuan membaca anak yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak. Kata kunci: ADDIE, Buku Bergambar, Membaca Permulaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Buku Bergambar, Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1140-1140.5 Preschool education. Nursery schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86205-Non-Formal Education (S1) |
Depositing User: | Nurul 'Ilmi Miftahul Jannah |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 05:32 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 05:32 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/175874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |