APRILIA, NIKE TRISKA and Indrawati, Sri and Ansori, Ansori (2015) ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI SMA NEGERI I BUAY MADANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06111002038_0012075914_0019096607_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06111002038_0012075914_0019096607_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002038_0012075914_0019096607_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (208kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002038_0012075914_0019096607_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (537kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002038_0012075914_0019096607_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002038_0012075914_0019096607_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002038_0012075914_0019096607_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil analisis terhadap buku teks bahasa Indonesia kelas XI SMA terbitan Kemendikbud yang digunakan oleh siswa kelas XI SMA di Buay Madang. Sumber data dan data diperoleh dari buku teks bahasa Indonesia kelas XI penerbit Kemendikbud, tahun terbit 2014, dengan judul Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi. Tehnik pengumpulan data melalui dokumentasi, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh dari hasil dokumentasi, angket dan wawancara dianalisis, dideskripsikan, dan disimpulkan. Analisis terhadap buku teks untuk mendeskripsikan apakah buku teks bahasa Indonesia kelas XI penerbit Kemendikbud sesuai tujuan dan sasaran dari program pengajaran bahasa, mencerminkan penggunaan bahasa secara efektif sesuai dengan tujuannya, dan buku teks menunjang siswa sebagai pembelajar dianalisis dengan metode deskriptif yang memanfaatkan data kualitatif. Mendukung hasil penelitian terhadap tiga aspek di atas penelitian ini juga memanfaatkan hasil perhitungan angket yang diperoleh berdasarkan pendapat siswa. Sementara itu untuk menganalisis buku teks agar diketahui apakah buku teks tersebut dapat berperan sebagai pendukung proses pengajaran, peneliti selain menganalisis dengan metode deskriptif yang memanfaatkan data kualitatif juga memanfaatkan hasil pendeskripsian terhadap hasil wawancara dengan guru yang menggunakan buku teks bahasa Indonesia kelas XI penerbit Kemendikbud. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil angket diketahui bahwa buku teks bahasa Indonesia kelas XI penerbit Kemendikbud sudah sesuai dengan sesuai tujuan dan sasaran dari program pengajaran bahasa, mencerminkan penggunaan bahasa secara efektif sesuai dengan tujuannya, buku teks menunjang siswa sebagai pembelajar, dan memiliki peran sebagai pendukung pengajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, buku teks, bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3701-3740 Immigrants or ethnic and linguistic minorities. Bilingual schools and bilingual education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2729 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 03:08 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 03:08 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17727 |
Actions (login required)
View Item |