ROZALIA, MELA and Rachman, Fuad Abd. and Hartono, Hartono (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INKUIRI PADA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84204_06101410027_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (735kB) | Preview |
Text
RAMA_84204_06101410027_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (238kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410027_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (304kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410027_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (588kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410027_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (97kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410027_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (100kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410027_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran guided inkuiri pada pelajaran kimia siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 14 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 14 Palembang berjumlah 43 siswa yang terdiri dari 33 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Penerapan model pembelajaran guided inkuiri dilaksanakan dalam dua pertemuan, pertemuan pertama yaitu dengan metode praktikum dan pertemuan kedua yaitu dengan presentasi dan diskusi. Penerapan model pembelajaran guided inkuiri mampu mengefektifkan aktifitas siswa dimana siswa melakukan kegiatan mengobservasi, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, menyimpulkan dan mengkomunikasikan materi pembelajaran. Data hasil belajar didapatkan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 76,74% yang terdiri dari 13,95% kategori kemampuan siswa sangat baik, 62,79% dikategorikan baik, 23,26% dikategorikan cukup atau tidak tuntas dengan jumlah skor rata-rata hasil belajar siswa 78,10 dan skor keaktifan siswa rata-rata 89,00% dengan kategori aktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menyarankan agar model pembelajaran guided inkuiri ini dapat diterapkan oleh guru-guru kimia lainya dengan baik sehingga aktifitas dan hasil belajar siswa lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Deskriptif, Model Pembelajaran Guided Inkuiri, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Users 2715 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 03:15 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 03:15 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17776 |
Actions (login required)
View Item |