HUPMAN, PAUL and Yosef, Yosef and Susiloningsih, Esti (2016) POLA-POLA KEGIATAN MENGAMATI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERPENDEKATAN SAINTIFIK TEMA TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV C SD YAYASAN IBA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_86206_06101013026_0023036204_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06101013026_0023036204_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (236kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06101013026_0023036204_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (302kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06101013026_0023036204_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06101013026_0023036204_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (58kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06101013026_0023036204_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (69kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06101013026_0023036204_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran lengkap tentang Pola-pola Kegiatan Mengamati Dalam Pembelajaran Tematik Berpendekatan Saintifik. Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang menerapkan kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Dalam penelitian ini difokuskan pada kegiatan mengamati yang terdiri kegiatan melihat, membaca, menyimak, mendengarkan pada tema tempat tinggalku dengan sub tema 1 lingkungan tempat tinggalku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan obsevasi atau pengamatan. Hasil dari penjabaran deskriptif menunjukkan durasi waktu kegiatan mengamati, persentase terbanyak terdapat pada pola kegiatan menyimak yaitu sebanyak 47,6%, kegiatan melihat 21,3%, kegiatan membaca 15,6%, dan kegiatan mendengar 15,1%. Maka dari hasil data penelitian dan pembahasan yang telah dijabarkan, dapat dilihat bahwa pola kegiatan mengamati pada Pembelajaran Tematik Berpendekatan Saintifik ini dominasi kegiatan menyimak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajran tematik, pendekatan saintifik, deskriptif, mengamati. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 02:33 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 02:33 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17796 |
Actions (login required)
View Item |