REGINA, REGINA and Barlian, Ikbal and Djahir, Yulia (2016) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PADA KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN MATA PELAJARAN IPS DI SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87203_06121003011_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (690kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06121003011_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (141kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003011_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (486kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003011_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (457kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003011_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (94kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003011_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (98kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003011_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru pada kelompok kecil dan perorangan mata pelajaran IPS serta kesulitan yang ada. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru pada kelompok kecil dan perorangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPS di SMP Srijaya Negara Palembang yang berjumlah dua orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi dengan siswa berada pada kategori sangat baik, indikator berorganisasi berada pada kategori baik, indikator membimbing dan memudahkan belajar berada pada kategori baik, indikator merencanakan dan melaksanakan kegiatan mengajar berada pada kategori sangat baik. Ditemukan ada sepuluh kesulitan keterampilan mengajar kelompok kecil yaitu guru menunjukkan sikap terbuka dan luwes ke siswa, guru memberi pujian, guru menyelipkan humor, guru mengadakan supervisi proses lanjut, guru membantu siswa menilai kemajuannya sendiri, guru memahami kepribadian siswa, guru mendorong untuk menghargai sesama, guru memberikan kulminasi, guru mengembangkan supervisi proses awal dan pemaduan. Ada tiga kesulitan mengajar perorangan yaitu guru memuji siswa yang berhasil dan menyemangati yang belum berhasil, guru membantu siswa menilai kemajuannya sendiri, guru menunjukkan kesungguhan melalui pandangan dan ekspresi wajah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan mengajar, kelompok kecil dan perorangan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 02:46 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 02:46 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17799 |
Actions (login required)
View Item |