PRATIWI, INTAN and Indrawati, Sri and Nurbaya, Nurbaya (2016) PENGARUH STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_01_font. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (905kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (278kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (424kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (234kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_06_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh strategi Creative Problem Solving terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dengan perlakuan strategi Creative Problem Solving dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa dengan perlakuan Konvensional. Teknik analisis data menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 55,71 meningkat sebesar 28,28 menjadi 84,00 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 55,42 meningkat sebesar 20,20 menjadi 75,62 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel atau (4,552) > (1,667) dengan df= 70 pada tingkat signifikasi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Penggunaan strategi Creative Problem Solving memiliki pengaruh dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Creative Problem Solving berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menulis karangan argumentasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Creative Problem Solving, karangan argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 02:51 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 02:51 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17802 |
Actions (login required)
View Item |