OKTRIANI, NENENG and Anggraini, Betty and Usman, Nuraini (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE NUMBERED HEADS TOGEHTRER DAN TEAMWORK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 149 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_86206_06121413013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_86206_06121413013_0008025702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (277kB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06121413013_0008025702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (93kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121413013_0008025702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (124kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121413013_0008025702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (543kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121413013_0008025702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121413013_0008025702_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (23kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121413013_0008025702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Numbered Heads Together dan Teamwork di Kelas V SD Negeri 149 Palembang. Subjek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri 149 Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 24 siswa laki-laki serta subjek pelaksana tindakan adalah guru kelas VB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I pertemuan pertama diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 59,95 dan ketuntasan kelas mencapai 51,28% sedangkan pertemuan kedua diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 69,11 dan ketuntasan kelas mencapai 60,53%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata yaitu 78,11 dan ketuntasan kelas mencapai 81,08% sedangkan pertemuan kedua diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 85,40 dan ketuntasan kelas mencapai 89,18%. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Numbered Heads Together dan Teamwork dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri 149 Palembang. Oleh karena itu disarankan bagi para guru agar menggunakan kombinasi dari model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Teamwork dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Numbered Heads Together dan Teamwork |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Irwan |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 07:39 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 07:39 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17909 |
Actions (login required)
View Item |