PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

RIZKI, IRVAN NUR and Marlina, Leni and Ismet, Ismet (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021_Cover.jpg] Image
RAMA_84103_06052682327021_Cover.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_02.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (256kB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_03.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (532kB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_04.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (441kB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_05.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_06_ref.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (423kB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327021_0005087701_0006076803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul yang valid, praktis, dan efektif, serta mengetahui efektivitas penggunaan e-modul tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 01 Belitang Jaya. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan Rowntree yang terdiri atas tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi dilakukan dengan menggunakan model evaluasi Tessmer, yang mencakup self-evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Hasil expert review menunjukkan bahwa aspek desain memperoleh skor 83,33 (kategori sangat valid), aspek bahasa 80,93 (sangat valid), aspek materi 69,02 (valid), aspek keterampilan berpikir kritis 69,44 (valid), dan aspek media 80,93 (valid). Pada tahap one-to-one evaluation, e-modul memperoleh skor kepraktisan sebesar 79,05% (kategori praktis), sedangkan pada tahap small group evaluation diperoleh skor sebesar 83,05% (kategori praktis). Selanjutnya, pada tahap field test, diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,79, yang berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbantuan augmented reality yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, E-Module, Keterampilan Berpikir Kritis, Suhu dan Kalor
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LT Textbooks
Q Science > QC Physics > QC1-75 General
Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Q Science > QC Physics > QC251-338.5 Heat
Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics > C331.S67 Heat--Radiation and absorption. Heat engineering
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84103-Physics Education (S2)
Depositing User: Irvan Nur Rizki
Date Deposited: 26 Jul 2025 02:43
Last Modified: 26 Jul 2025 02:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/179994

Actions (login required)

View Item View Item