AZ, INDHA and Basir, M. Djahir and Fatimah, Siti (2016) PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING HEURISTIK DENGAN IMPROVE TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87203_06121003028_0020066902_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (767kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06121003028_0020066902_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (286kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003028_0020066902_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (348kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003028_0020066902_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (549kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003028_0020066902_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (92kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003028_0020066902_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (96kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06121003028_0020066902_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbandingan pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristik dengan Improve terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X.2 sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi ganda dan anova. Hasil analisis yang didapat pada kelas eksperimen menunjukkan lebih tinggi hasil kelas eksperimen 1 dibandingkan dengan kelas eksperimen 2. Dan untuk mencari perbedaan menggunakan anova,. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima kebenarannya, bahwa terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran logan avenue problem solving heuristik dengan improve terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Adapun kelemahan yang peneliti temukan pada penelitian ini yaitu dalam menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Prolem Solving Heuristik pada kelas eksperimen 1 dan model pembelajaran Improve pada kelas eksperimen 2, yaitu pada saat berdiskusi untuk menyelesaikan masalah peserta didik kesulitan untuk memahami maksud dari pertanyaan di lembar kerja kelompok yang peneliti berikan, selain itu kendala yang dialami pada saat memeriksa kembali jawaban tidak banyak peserta didik yang bertanya kepada kelompok yang sedang berpresentasi dan masih ada peserta didik yang tidak mengikuti diskusi sehingga peneliti kesulitan mengkondisikan kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran logan avenue problem solving heuristic, improve, dan keaktifan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 03:32 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 03:32 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18100 |
Actions (login required)
View Item |