Novtaria, Anggun and Chotimah, Umi and Hasna Anggraeni, Nyimas Nuria (2025) Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Number Head Together di Kelas VII 5 SMPN 33 Palembang. ENGGANG : Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 5 (1). pp. 412-421. ISSN 2746-7708
![]() |
Text
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Number Head Togetherdi Kelas VII5 SMPN 33 Palembang.pdf Download (705kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakannya untuk perbaikan kualitas peneliti sebagai guru muda masa depan berkaitan permasalahan mengenai hasil belajar di kelas VII SMP rendah sehingga penulis berinisiatif melakukan proses pembelajaran dengan melalui model number head together. Perkembangan yang terus menerus terjadi menjadi acuan untuk perbaikan diri melalui kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan berdasarkan penemuan permasalahan ketika melakukan pembelajaran yaitu peserta didik yang kurang aktif dan kemampuan peserta didik yang beragam menyebabkan hasil belajar rendah. Model pembelajaran number head together diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas peserta didik aktif yangbisa menambah pemahaman baru bagi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kenaikan persentase hasil belajar peserta didik yang pada kegiatan pra siklus 36,66% meningkat menjadi 76,66 di siklus 1 dan 83,33% pada siklus 2 penelitian ini dibantu dengan penerapan pendekatan TaRL. Maka penelitian tindakan kelas yang dilakukan berhasil dilakukan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:16 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:16 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/181010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |