Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif TGT pada Pembelajaran PPKn Kelas VII

Az-, Zhura and Nyimas Nuria, Hasnah Anggraini and Chotimah, Umi (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif TGT pada Pembelajaran PPKn Kelas VII. ENGGANG : Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 5 (1). pp. 433-441. ISSN 2827-9689

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui ModelKooperatif TGT pada Pembelajaran PPKn Kelas VII.pdf] Text
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui ModelKooperatif TGT pada Pembelajaran PPKn Kelas VII.pdf

Download (640kB)

Abstract

Penelitian PTK ini peneliti lakukan sebagai upaya peneliti untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia mengenai hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 33 Palembang yang peneliti temui rendah. Maka upaya yang akan dilakukanadalah model kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif presentase agar bisa memperoleh data penelitian yang baik. Dimana data yang dikumpulkan berkolaborasi bersama guru mata pelajaran PPKn dan rekan sejawat. Hasil perhitungan menunjukkan pada kegiatan pra siklus adalah 41,93% dengan predikat kurang dari 65% maka sebagai tindak lanjut perlu adanya perbaikan proses pembelajaran. Selanjutnya peneliti melakukan pilihan alternatif dengan melakukan proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT memperoleh hasil 67,74% namun belum mencapai target yang diinginkan oleh peneliti maka dilakukan siklus kedua dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT pada pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 33 Palembang mencapai 93,54% dengan ini telah mencapai target yang diinginkan maka PTK ini dianggap berhasil.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:27
Last Modified: 07 Aug 2025 04:27
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/181433

Actions (login required)

View Item View Item