Feri, Kurniawan and Chotimah, Umi and Nyimas Nuria, Hasnah Anggraini (2024) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN QUIZIZZ PAPER MODE. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 21 (2). pp. 178-191. ISSN 2745-6919
|
Text
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA.pdf Download (330kB) |
Abstract
Pemanfaatan dan inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran merupakan faktor penting untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penggunaan media Quizizz Paper Mode di SMPN 33 Palembang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII.1 SMPN 33 Palembang yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh tiga observer yang kemudian di analisis data hasil yang diperoleh menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar peserta didik setelah menerapkan media Quizizz Paper Mode dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini terlihat dari hasil pengukuran minat belajar peserta didik pada tahap pra-siklus yang hanya 45%, kemudian meningkat menjadi 63% pada siklus 1, lalu meningkat lagi menjadi 79% pada siklus 2, dan akhirnya mencapai 87% pada siklus 3 (kategori minat sangat baik).
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author |
| Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
| Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:27 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 04:27 |
| URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/181437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
