ANALISIS STRATEGI PROPAGANDA DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL ISRAEL DALAM KONFLIK ISRAEL-HAMAS TAHUN 2024 (STUDI KASUS: AKUN TWITER “X” PEMERINTAH ISRAEL)

IQBAL, MUHAMMAD and Djunaidi, Djunaidi and Fadhlia, Maudy Noor (2025) ANALISIS STRATEGI PROPAGANDA DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL ISRAEL DALAM KONFLIK ISRAEL-HAMAS TAHUN 2024 (STUDI KASUS: AKUN TWITER “X” PEMERINTAH ISRAEL). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509_cover.jpg] Image
RAMA_ 84201_0704128202509_cover.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (221kB)
[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509.pdf] Text
RAMA_ 84201_0704128202509.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_ 84201_0704128202509_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (784kB)
[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_02.pdf] Text
RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_03.pdf] Text
RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_04.pdf] Text
RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_05.pdf] Text
RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_06.pdf] Text
RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (60kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_07_ref.pdf] Text
RAMA_ 84201_0704128202509_0002036206_0015089401_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi propaganda digital yang diterapkan oleh Israel dalam konteks hubungan internasional selama konflik Israel-Hamas tahun 2023. Propaganda digital, yang merupakan bagian dari diplomasi publik Israel atau Hasbara, digunakan untuk memengaruhi opini publik internasional, membangun legitimasi atas kebijakan Israel, dan melemahkan posisi lawan di kancah global. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis data dari berbagai platform media digital seperti Twitter, Instagram, Linkedin, dan Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Israel menggunakan propaganda digital untuk membingkai narasi tertentu yang mendukung kebijakannya di tingkat internasional. Melalui penggunaan media digital, Israel berupaya membangun citra sebagai pihak yang bertahan dalam konflik sekaligus menggambarkan Hamas sebagai aktor agresor. Strategi ini mencakup tujuh teknik utama, yaitu name calling, glittering generalities, transfer, testimony, plain folks, card stacking, dan bandwagon, yang diterapkan secara sistematis untuk menjangkau audiens global dengan cepat dan efektif. Penelitian ini menggaris bawahi peran signifikan media digital dalam hubungan internasional, khususnya sebagai instrumen soft power dalam memengaruhi persepsi global dan menciptakan narasi strategis di tengah konflik. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan studi hubungan internasional dengan memberikan wawasan tentang bagaimana propaganda digital digunakan sebagai alat diplomasi publik di era teknologi informasi. Kata kunci: hubungan internasional, propaganda digital, Hasbara, konflik Israel-Hamas, diplomasi publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hubungan internasional, propaganda digital, Hasbara, konflik Israel-Hamas, diplomasi publik.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 84201-International Relations (S1)
Depositing User: Muhammad iqbal
Date Deposited: 22 Aug 2025 02:07
Last Modified: 22 Aug 2025 02:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/183152

Actions (login required)

View Item View Item