PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI FIGMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NAMANG

SILPIANI, EVI and Oktarina, Santi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI FIGMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NAMANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051_Cover.jpeg]
Preview
Image
RAMA_88201_06021282126051_Cover.jpeg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051.pdf] Text
RAMA_88201_06021282126051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_88201_06021282126051_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (21MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051_0001108001_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021282126051_0001108001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (518kB)
[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051_0001108001_02.pdf] Text
RAMA_88201_06021282126051_0001108001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051_0001108001_03.pdf] Text
RAMA_88201_06021282126051_0001108001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051_0001108001_04.pdf] Text
RAMA_88201_06021282126051_0001108001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (976kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051_0001108001_05.pdf] Text
RAMA_88201_06021282126051_0001108001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051_0001108001_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021282126051_0001108001_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021282126051_0001108001_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06021282126051_0001108001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Figma dalam pembelajaran menulis teks argumentasi bagi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Namang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan modifikasi yang menggabungkan model Borg & Gall dengan Alessi & Trollip. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Namang. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Figma didasarkan pada hasil analisis kebutuhan yang dilakukan melalui penyebaran angket dan wawancara terhadap guru dan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Figma sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran menulis teks argumentasi. Tahapan selanjutnya yaitu perancangan dan pengembangan produk awal yang mencakup pembuatan flowchart, storyboard, dan pengembangan produk. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi melalui uji coba lapangan awal oleh para ahli yang mencakup aspek materi, media, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa pada aspek materi, produk memperoleh skor 43 (97,73%) dengan kategori sangat layak; pada aspek media, produk memperoleh skor 57 (89,06%) dengan kategori sangat layak; dan pada aspek kebahasaan, produk memperoleh skor 37 (92,5%) dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan, hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Figma sangat layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks argumentasi bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Namang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Menulis Teks Argumentasi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Evi Silpiani
Date Deposited: 25 Aug 2025 05:59
Last Modified: 25 Aug 2025 05:59
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/183228

Actions (login required)

View Item View Item