PUSPITASARI, DEVI and Purnomo, Mulyadi Eko and Nurbaya, Nurbaya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 88201_06021381419054_0007015902_0015085406_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_ 88201_06021381419054_0007015902_0015085406_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (423kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_06021381419054_0007015902_0015085406_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (412kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_06021381419054_0007015902_0015085406_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (506kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_06021381419054_0007015902_0015085406_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (273kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_06021381419054_0007015902_0015085406_06_.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (387kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 88201_06021381419054_0007015902_0015085406_07_lamp_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compasition) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu X.IPS 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compasition) dan kelas X.IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggun akan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 48,41 meningkat menjadi 71,29 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 22,88. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 47,03 meningkat menjadi 60,61 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,58. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung =5,694> ttabel 1,997 dengan df 66 pada tingkat signifikasi 95% (a= 0,025). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks eksposisi kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Dengan demikian Ha berbunyi “Ada perbedaan antara keterampilan siswa yang diajar dengan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compasition) dan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional dalam pembelajaran memahami teks eksposisi “ diterima. Dapat disimpulkan bahwa model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compasition) lebih berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compasition), Memahami teks eksposisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 04:01 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 04:01 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/1842 |
Actions (login required)
View Item |