AFIFAH, BETA IFFAH and Effendy, Umar and Laihat, Laihat (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 11 INDRALAYA DALAM MENENTUKAN UNSUR CERITA ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBACA PEMAHAMAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_86206_06111413027.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_86206_06111413027_0009031003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06111413027_0009031003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06111413027_0009031003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (361kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06111413027_0009031003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (475kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06111413027_0009031003_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (89kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06111413027_0009031003_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06111413027_0009031003_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Indralaya dalam menentukan unsur dari cerita anak melalui kegiatan membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara berkolaborasi bersama guru kelas yang bersangkutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Indralaya pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 35 orang siswa. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam menentukan unsur cerita anak dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa rata-rata ketuntasan belajar siswa dalam menentukan unsur cerita anak melalui kegiatan membaca pemahaman selalu meningkat, yakni Siklus I 45,71%, Siklus II 65,71%, dan Siklus III 91%. Didukung juga dengan hasil rata-rata aktivitas siswa yang meningkat, pada Siklus I sebesar 63,57%, kemudian pada Siklus II 70,89% Siklus III 87,32%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bawa melalui kegiatan membaca pemahaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan unsur cerita anak dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman, hasil belajar, unsur cerita anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Irwan |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 06:09 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 06:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18489 |
Actions (login required)
View Item |