PRASANTI, NIKEN AYU and Anggraini, Betty and Usman, Nuraini (2016) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 04 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_86206_06121013010_0008025702_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (345kB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06121013010_0008025702_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (110kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013010_0008025702_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (121kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013010_0008025702_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (196kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013010_0008025702_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013010_0008025702_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (50kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013010_0008025702_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan Model Quantum Learning di Kelas V SD Negeri 04 Palembang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 orang siswa terdiri dari 11 perempuan dan 18 laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Hasil ini menunjukkan setelah diberikan tindakan siklus I nili rata-rata siswa yaitu 80,34 dengan persentase ketuntasan 72,41%. Dilakukan tindakan rata-rata siswa yaitu 93,79 dengan persentase ketuntasan 86,20%. Hasil keaktifan aktivitas siswa dapat meningkat, pada siklus I pertemuan pertama persentase siswa yaitu 20,68% (kurang aktif) pada pertemuan kedua meningkat menjadi 49,30% (cukup aktif). Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjad 53,57% (aktif) dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 72,41% (sangat aktif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Quantum Learning, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 07:01 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 07:01 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18554 |
Actions (login required)
View Item |