WULANDARI, DESTY and Maharani, Siti Dewi and Effendy, Umar (2015) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 128 PALEMBANG. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.
Preview |
Text
RAMA_86206_ 06111413019_ 0015126004 _ 0009031003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Preview |
Text
RAMA_86206_ 06111413019_ 0015126004 _ 0009031003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_ 06111413019_ 0015126004 _ 0009031003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_ 06111413019_ 0015126004 _ 0009031003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_ 06111413019_ 0015126004 _ 0009031003_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_ 06111413019_ 0015126004 _ 0009031003_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penggunaan model Problem Based Learning di kelas V Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang yang berjumlahkan 35 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes akhir siklus menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase 54,28% (sedang). Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase 73,52% (tinggi). Lalu pada siklus III diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase 88,57% (sangat tinggi). Selain hasil belajar, berdasarkan observasi aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 56,27% (cukup aktif) pada siklus I, meningkat menjadi 63,20% (aktif) pada siklus II, dan kembali meningkat menjadi 70,95% (aktif) pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning hasil belajar dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru menggunakan model Problem Based Learning sebagai salah satu variasi yang digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 07:35 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 07:35 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19043 |
Actions (login required)
View Item |