PUTRI, YULIANI KARTIKA and Basir, M. Djahir and Barlian, Ikbal (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_87203_06111403006.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_87203_06111403006_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (401kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06111403006_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06111403006_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (386kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06111403006_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (544kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06111403006_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (171kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06111403006_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06111403006_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan metode Brainstorming dengan metode Quatum Learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 13Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di SMA Negri 13 palembang yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 243 siswa. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X MIA 1 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa observasi bertujuan untuk mengetahui penerapan metode brainstorming dengan metode quatum learning terhadap keaktifan belajar siswa,sedangkan angket digunakan sebagai data pendukung dari hasil observasi, angket diberikan pada saat pertemuan terakhir. Teknik anaslis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan uji-t di peroleh thitung sebesar 3,69 ≥ ttabel 1,98. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penerapan metode brainstorming dengan metode quatum learning terhadap keaktifan belajar siswa dengan hasil obsevasi rerata kelas eksperimen 83,63% dengan kategori baik sedangkan rerata kelas kontrol 69,70% dengan kategori cukup baik sedangkan hasil rerata angket kelas eksperimen 51,45% sedangkan rerata angket kelas kontrol 49,8%. Bedasarkan simpulan, disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperhatikan hambatan dalam penelitian ini yaitu ketika hasil angket yang tidak merujuk pada keaktifan belajar siswa .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Brainstorming, Metode Quatum Learning, Keaktifan Belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Irwan |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 08:22 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 08:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19063 |
Actions (login required)
View Item |