MONASARI, MONASARI and Ismet, Ismet and Akhsan, Hamdi (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH FISIKA MODERN POKOK BAHASAN PARTIKEL ELEMENTER DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111011002_0006076803_0010026901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111011002_0006076803_0010026901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (147kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011002_0006076803_0010026901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (323kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011002_0006076803_0010026901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (354kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011002_0006076803_0010026901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (89kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011002_0006076803_0010026901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (91kB) | Request a copy |
Abstract
Telah berhasil dikembangkan bahan ajar mata kuliah fisika modern pokok bahasan partikel elementer yang valid dan praktis. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan kombinasi model pengembangan Rowntree dan evaluasi Tessmer. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif yang dikemukakan oleh Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli, angket dan observasi. Dari hasil expert review diperoleh persentase rata-rata hasil penilaian dari para ahli sebesar 4,21 (ketegori sangat valid). Pada tahap one-to-one evaluation didapatkan hasil tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar ini sebesar 83,75% (kategori baik), sehingga bahan ajar yang dikembangkan ini sudah tergolong praktis. Pada uji coba small group evaluation, rata-rata hasil tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar ini meningkat dari 83,75% menjadi 83,89% (kategori baik). Hal ini juga berarti bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah tergolong praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah tergolong sangat valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar mata kuliah fisika modern pokok bahasan partikel elementer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian pengembangan, bahan ajar, partikel elementer� |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2715 not found. |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 03:50 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 03:50 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19074 |
Actions (login required)
View Item |