FRIANI, SYELLI AYU and Suharman, Andi and Effendi, Effendi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS XI IPA SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84204_06101010030_0017116507_0006106003_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84204_06101010030_0017116507_0006106003_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (274kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101010030_0017116507_0006106003_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (289kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101010030_0017116507_0006106003_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (212kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101010030_0017116507_0006106003_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101010030_0017116507_0006106003_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101010030_0017116507_0006106003_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa Kelas XI IPA 2 Srijaya Negara Palembang melalui model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer tutoring). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi dan instrument tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan setiap akhir pertemuan. Berdasarkan penelitian diperoleh peningkatan keaktifan siswa sebesar 55,15 % pada siklus I (T1) menjadi 61,55 % pada siklus II (T2), dan pada siklus III (T3) meningkat sebesar 65,75 % dengan kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 47,40 dengan ketuntasan belajar 31%, terjadi peningkatan pada siklus I (T1) menjadi 68,9 dengan ketuntasan belajar 60% kemudian meningkat menjadi 69,4 dengan ketuntasan belajar menurun menjadi 51% pada siklus II (T2) dan pada siklus III (T3) meningkat menjadi 86,7 dengan ketuntasan belajar 86 %. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia, sehingga disarankan bagi guru agar dapat menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta disarankan kepada peneliti lain agar dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian yang relavan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Tutor Sebaya (Peer Tutoring), Hasil Belajar Kimia Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 05:02 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 05:02 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19167 |
Actions (login required)
View Item |