UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VB SD NEGERI 152 PALEMBANG

ROMADHONA, TRISNA and Effendy, Umar and Puspita, Linda (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VB SD NEGERI 152 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06121013018.pdf] Text
RAMA_86206_06121013018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (21MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013018_0009031003_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06121013018_0009031003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06121013018_0009031003_02.pdf] Text
RAMA_86206_06121013018_0009031003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013018_0009031003_03.pdf] Text
RAMA_86206_06121013018_0009031003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013018_0009031003_04.pdf] Text
RAMA_86206_06121013018_0009031003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013018_0009031003_05.pdf] Text
RAMA_86206_06121013018_0009031003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013018_0009031003_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06121013018_0009031003_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013018_0009031003_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06121013018_0009031003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan melalui Model Role Playing di Kelas VB SD Negeri 152 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VB SD Negeri 152 Palembang dengan jumlah siswa 40 orang, terdiri dari 18 perempuan dan 22 laki-laki. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi berupa video dan photo, dan tes lisan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil ini menunjukkan setelah diberikan tindakan siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 72,51 dengan persentase ketuntasan 67,5%. Dilakukan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 79,81 dengan persentase 77,5%, dan setelah dilakukan tindakan siklus III nilai rata-rata siswa 88,50 dengan persentase 87,50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa VB SD Negeri 152 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model Role Playing, bahasa Indonesia, keterampilan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Irwan
Date Deposited: 29 Nov 2019 08:23
Last Modified: 29 Nov 2019 08:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19279

Actions (login required)

View Item View Item