ACHIRRIL, ACHIRRIL and Fatimah, Siti and Barlian, Ikbal (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGY PEDAGOGY CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 PRABUMULIH. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87203_06101003034_0020066902 _01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (140kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06101003034_0020066902 _02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06101003034_0020066902 _03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (115kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06101003034_0020066902 _04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06101003034_0020066902 _05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06101003034_0020066902 _06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Technologu Pedagogy Content Knowledge terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Prabumulih. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Postest design yaitu menggunakan pretes dan postes dengan perlakuan sebanyak 3 kali pertemuan. Populasi adalah seluruh kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 50 orang. Dengan menggunakan random dengan teknik Cluster Sampling didapat kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Technology Pedagogy Content Knowledge. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Statistic yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui uji hipotesis (uji-t) dengan menggunakan rumus uji-t product moment dan taraf signifikansi (α) = 5% dan dk= n-2 jadi (dk= 25 -2= 23). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2.473 sedangkan ttabel sebesar 1.714. dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterime kebenarannya, bahwa ada pengaruh model pembelajaran Technology Pedagogy Content Knowledge terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Prabumulih. Pengaruhnya dapat dilihat pada perbandingan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan rerata pretes sebesar 47 dan postes sebesar 76,2. Itu artinya terjadi peningkatan hasil belajar setelah diberi perlakuan model pembelajaran Technology Pedagogy Content Knowledge. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran Technology Pedagogy Content Knowledge sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Technology Pedagogy Content Knowledge, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC65-67.68 Economic aspects of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2682 not found. |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 03:00 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 03:00 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19330 |
Actions (login required)
View Item |