SARAGIH, MUTIARA SANI and Suharman, Andi and Hidayat, Iceng (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI MIA 3 SMAN 1 INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84204_06111010025_0017116507_0023035812_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (754kB) | Preview |
Text
RAMA_84204_06111010025_0017116507_0023035812_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010025_0017116507_0023035812_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (357kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010025_0017116507_0023035812_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (399kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010025_0017116507_0023035812_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (175kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010025_0017116507_0023035812_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (108kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010025_0017116507_0023035812_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran kimia kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Inderalaya dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data didapat melalui tes pemahaman konsep peserta didik yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Terjadi peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran kimia yang tercermin dari peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik. Hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan adalah 55,85 dan 17,85 %, meningkat menjadi 58,63 dan 28,46 % pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 69,85 dan 55,55 %, dan pada siklus 3 meningkat menjadi 80,50 dan 89,28%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, model Pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Peserta Didik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Users 2715 not found. |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 04:40 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 04:40 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19344 |
Actions (login required)
View Item |