KURNIASARI, DITA and Sanjaya, Sanjaya and Hadeli L, Muhammad (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA PGRI 5 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84204_06091410016_0007036305_0018086301_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84204_06091410016_0007036305_0018086301_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (354kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06091410016_0007036305_0018086301_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (258kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06091410016_0007036305_0018086301_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06091410016_0007036305_0018086301_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (103kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06091410016_0007036305_0018086301_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06091410016_0007036305_0018086301_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia melalui metode discovery learning kelas X SMA PGRI 5 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi keaktifan siswa. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) adalah 28,13%, rata-rata tes pada siklus I adalah 46,88% meningkat karena diberi tindakan metode discovery learning. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 71,88% pada siklus II meningkat dikarenakan siswa mulai berperan aktif dan mengikuti aturan dalam kelompok serta mengikuti pelajaran dengan baik pada saat diskusi dan nilai rata-rata pada siklus III adalah 87,5% meningkat dikarenakan pada saat mengerjakan LKS diberi tambahkan waktu. Rata-rata keaktifan siswa dalam kelompok pada siklus I 61,64%, pada siklus II 72,27% dan pada siklus III 76,35%. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar kimia dan keaktifan siswa dengan menggunakan metode Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Discovery learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 02:16 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 02:16 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19350 |
Actions (login required)
View Item |