HANDINI, GIAN and Anggraini, Betty and Maharani, Siti Dewi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 21 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (207kB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (93kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (118kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (23kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (59kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 21 Palembang dengan menerapkan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas V.B SD Negeri 21 Palembang, dengan jumlah 29 siswa, 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Scramble. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 21 siswa (72,41%), siklus II 23 siswa (79,31%), siklus III (96,55%). Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan 1 sebesar 65,08%, pertemuan 2 65,51%, siklus II pertemuan 1 66,38% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 70,69%, serta siklus III pertemuan 1 sebesar 77,59% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 84,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 21 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran Scramble, ilmu pengetahuan sosial. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 06:22 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 06:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20300 |
Actions (login required)
View Item |