SARI, ULFA MAYANG and Mulyani, Sri Rarasati and Alwi, Zahra (2016) PENGARUH STRATEGI HERRINGBONE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ULANG TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06121002007_0001105603_0006125201_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (857kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06121002007_0001105603_0006125201_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002007_0001105603_0006125201_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (388kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002007_0001105603_0006125201_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (693kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002007_0001105603_0006125201_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (101kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002007_0001105603_0006125201_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002007_0001105603_0006125201_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Herringbone terhadap kemampuan menulis ulang teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen Semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII.6 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 39 siswa dengan perlakuan strategi Herringbone dan kelas VIII.5 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 40 siswa dengan model Konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas Eksperimen dengan kelas Kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 49,79 meningkat sebesar 22,75 menjadi 72,54 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas Kontrol 50,75 meningkat sebesar 10,25 menjadi 60,95 pada tes akhir. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas Eksperimen lebih besar dibandingkan kelas Kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 4,8833>1,686 dengan df = 38 pada tingkat keberhasilan 95% ( =0,05) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Penggunaan strategi Herringbone memiliki pengaruh dalam pembelajaran menulis ulang teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang‖ dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Herringone memiliki pengaruh dalam pembelajaran menulis ulang teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Disarankan strategi Herringbone digunakan guru dalam pembelajaran menulis ulang teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Herringbone, penelitian eksperimen, teks berita. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 02:46 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 02:46 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20957 |
Actions (login required)
View Item |