DANILA, PUTU and Effendy, Umar and Yosef, Yosef (2018) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS V SD NEGERI 02 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 86206_ 06131381419053_0009031003_0023036204_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381419053_0009031003_0023036204_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (238kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381419053_0009031003_0023036204_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (338kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381419053_0009031003_0023036204_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381419053_0009031003_0023036204_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (96kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381419053_0009031003_0023036204_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131381419053_0009031003_0023036204_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dalam menulis puisi di kelas VD SD Negeri 02 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VD SD Negeri 02 Palembang, yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan tes, dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 63,47 pada pertemuan pertama, 68,33 pada pertemuan kedua, 70,56 pada pertemuan ketiga, dan 77,5 pada pertemuan keempat. Sedangkan presentase ketuntasan siswa pada pertemuan pertama sebesar 36%, pada pertemuan kedua sebesar 53%, pada pertemuan ketiga sebesar 66%, dan pada pertemuan keempat sebesar 89%. Dari pencapaian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dalam menulis puisi sudah berhasil dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan sekolah, sumber belajar, menulis puisi, dan hasil pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 12 Jul 2019 07:05 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 04:43 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/210 |
Actions (login required)
View Item |