WIDIANTI, NUR INTAN and Harlina, Harlina and Aisyah, Nyimas (2014) MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PILIHAN BAHASA JEPANG MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.
Preview |
Text
RAMA_86201_06101407001_ 0025045905_ 0010116402_01-front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (161kB) | Preview |
Text
RAMA_86201_06101407001_ 0025045905_ 0010116402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (315kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06101407001_ 0025045905_ 0010116402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (80kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06101407001_ 0025045905_ 0010116402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06101407001_ 0025045905_ 0010116402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (19kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06101407001_ 0025045905_ 0010116402_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (26kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06101407001_ 0025045905_ 0010116402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (382kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap belajar siswa pada mata pelajaran pilihan bahasa Jepang melalui bimbingan kelompok dengan metode diskusi di SMA Negeri 1 Palembang. Masalah yang dijawab dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi dapat meningkatkan sikap belajar siswa pada mata pelajaran pilihan bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Palembang. Pendekatan penelitian ini menggunakan PTBK dengan subjek penelitian 8 orang, diperoleh dari hasil analisis skala sikap belajar yang telah diuji validasi isi, sebagai data penunjang dilakukan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap belajar siswa pada mata pelajaran pilihan bahasa Jepang. Rata-rata peningkatan skor skala sikap belajar siswa pada mata pelajaran pilihan bahasa Jepang sebelum dilakukan tindakan layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi dalam kategori sedang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama rata-rata skor skala sikap belajar menjadi kategori tinggi. Pada siklus kedua, ternyata rata-rata skor skala sikap belajar siswa meningkat lagi menjadi kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan sikap belajar siswa pada mata pelajaran pilihan bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Metode Diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 02:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 02:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21197 |
Actions (login required)
View Item |