PUTRA, MUHAMMAD RIZKY TOLUSHA and Ellyanie, Ellyanie (2019) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM RESIRKULASI GAS BUANG TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR EMPAT TAK 110 cc MENGGUNAKAN DYNAMOMETER PRONY BRAKE. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_21201_03051381821002_0001056903_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Preview |
Text
RAMA_21201_03051381821002_0001056903_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (625kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381821002_0001056903_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (699kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381821002_0001056903_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (595kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381821002_0001056903_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381821002_0001056903_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381821002_0001056903_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (557kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381821002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_21201_03051381821002_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Motor bensin yang bekerja pada putaran tinggi dengan beban yang berat akan meningkatkan suhu di dalam ruang bakar dan akan meningkatkan kandungan polutan NOx. Sistem resirkulasi gas buang merupakan solusi bagi masalah buruknya polusi yang dihasilkan oleh motor bakar. Selain dapat mengurangi tingkat polusi sistem ini dapat memperbaiki unjuk kerja atau performa suatu kendaraan dengan cara mengalirkan sebagian gas buang ke dalam ruang bakar melalui intake manifold ketika gas buang bercampur dengan campuran bahan bakar dan udara sehingga meningkatnya temperatur diikuti dengan naiknya tekanan pada ruang bakar. Penelitian mengenai sistem resirkulasi gas buang ini dilakukan untuk membandingkan parameter performa mesin, seperti torsi, daya, konsumsi bahan bakar spesifik dan efisisensi termal untuk tiap variasi bukaan katup EGR. Perbandingan sistem resirkulasi gas buang ini dilakukan pada motor honda beat. Data percobaan dalam penelitian ini menunjukan bahwa sistem resirkulasi gas buang ini berpengaruh terhadap meningkatnya performa mesin sepeda motor terhadap masing masing-masing variasi bukaan katup. Kata kunci : Sistem Resirkulasi Gas Buang, EGR, Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar Spesifik, Efisiensi Termal, Dynamometer Prony Brake
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Resirkulasi Gas Buang, EGR, Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar Spesifik, Efisiensi Termal, Dynamometer Prony Brake |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1-484 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Users 4071 not found. |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 02:44 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 02:44 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24345 |
Actions (login required)
View Item |