SARI, DEVI SHINTA WULAN and Laihat, Laihat and Asnimar, Asnimar (2019) PENERAPAN LEARNING CYCLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 PALEMBANG PADA SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_86206_06131381520102.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381520102_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_86206_06131381520102_0010026111_0003045602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (908kB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06131381520102_0010026111_0003045602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (982kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381520102_0010026111_0003045602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (485kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381520102_0010026111_0003045602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381520102_0010026111_0003045602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381520102_0010026111_0003045602_06__ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9kB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatkan hasil belajar dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Salah satu jenis strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar adalah siklus belajar. Pembelajaran menggunakan siklus belajar, terdiri dari 3 fase yaitu: eksplorasi, eksplanasi, dan ekspansi. Pada dasarnya model ini dapat meningkatkan pelaksanaan pendekatanketerampilan proses yaitu aktivitas yang berujung pada meningkatnya keterampilan kognitif peserta didik yaitu hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar peserta didik pada subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menujukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini diperlihatkan dengan ketuntasan yang dicapai oleh peserta didik pada siklus I yang terdapat 28 peserta didik yang tuntas dan pada siklus II telah mengalami peningkatan dengan jumlah peserta didik yang tuntas yakni 30 peserta didik dengan persentase 80%.Peningkatan hasil belajar peserta didik didukung juga dengan hasil observasi keaktifan peserta didik yang mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase keaktifan peserta didik dengan persentase 50%, siklus II meningkat dengan persentase 81%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik, Model Pembelajaran Konstruktivistik, Model Pembelajaran Learning Cycle, Siklus Belajar, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Student Centered |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Users 4822 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 07:15 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 07:15 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/26044 |
Actions (login required)
View Item |